Satu Hati Raih Prestasi Peduli Berbagi

Karya Tulis
Satu Hati Raih Prestasi Peduli Berbagi
 





DI

S
U
S
U
N

 OLEH

nama               :  khairu hasliansyah
kls                   :  x
No.Hp              :  082273482601

           

SMA N 3 TAKENGON


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga penulis telah berhasil menyelesaikan Karya Tulis ini yang berjudul “satu Hati Raih Prestasi Peduli Berbagi
Karya Tulis ini berisikan informasi tentang Pengertian Organisasi atau yang lebih khususnya membahas penerapan tentang pentingnya kendaraan untuk menjalankan Organisasi, dampak baik serta peranan sepeda motor di kalangan siswa-siswi, guru, dan juga sekolah, penulis mengharapkan agar Karya Tulis ini dapat memberikan informasi kepada kita semua.
Dengan keunggulan-keunggulan itu, diharapkan Honda mampu mendorong peserta didik untuk mengenal dan menerima Pengajaran yang diberikan Guru dan sekolah untuk kemudian menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari sehingga menjadi generasi muda yang cerdas, kreatif, dan berbudi pekerti luhur, yaitu generasi yang dibutuhkan untuk membawa bangsa Indonesia menuju masa depan yang cemerlang.
Penulis menyadari bahwa Karya Tulis ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun, selalu penulis  harapkan demi kesempurnaan Karya Tulis ini.
Ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan Karya Tulis ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.

                                                                                                Aceh Tengah 20 Mei 2014

                                                                                                             Penyusun


DAFTAR ISI

Kata Pengantar…………………………………………………………………………… I
Daftar Isi ……………………………………………………………………………….... II
Bab 1   Pendahuluan
1.1.        Latar Belakang …………………………………………………………….. 1
1.2.        Rumusan Masalah …………………………………………………………. 2
1.3.        Tujuan …………………………..………………………………………….. 2
Bab 2   Pembahasan
2.1.  Pengertian Osis …………………………………………………………… 3
2.2.  Tujuan Osis ………………………………….……………………………. 4
2.3.  Program Kegiatan Osis ……………………..…………………………….. 5
2.4.  Kegiatan Osis …………………..…………………………………………. 6
2.5.  Dampak Baik Honda bagi OSIS ……………………………………….…... 7
2.6.  Organisasi yang Dibentuk osis …………...…………...…………….……. 7
2.7.  Upaya-Upaya osis dalam Membina Organisasi Baru …..…………......….. 7
Bab 3   Penutup
3.1.  Kesimpulan ……………………………………………………………...…. 9
3.2.  Saran ……………………………………………………………………….. 10
Lampiran ……………………………………………………….……………….………... 11
Daftar Pustaka ……………………………………………………...……………….……. 12 







BAB I
PENDAHULUAN
1.1.        Latar Belakang
Setiap sekolah pasti memiliki sebuah organisasi yang di beri nama OSIS dimana Organisasi ini sangat berperan di dalam sekolah serta dapat mengembangkan sebuah organisasi lain seperti Rohis, Pramuka, Paskibraka, PKS, dan PMR yang dapat membantu OSIS dan Sekolah. OSIS juga membantu mengembangkan kreativitas serta bakat siswa-siswi yang belum sempat untuk di kembangkan atau disalurkan oleh sekolah.
Di SMA N 3 TAKENGON OSIS banyak melakukan kegiatan dari mulai Bakti Sosial, menggalang dana (Bantuan Bencana Alam Gempa Kab. Bener Meriah dan Aceh Tengah tanggal 2 juli 2013), mengisi majalah dinding sekolah berupa : “Puisi, Informasi Lomba, Pengumuman-Pengumuman, karya tulis, Loster Ujian/Pelajaran”, Penertipan parkiran, yang begitu berguna sekali bagi siswa-siswi dalam belajar menuntut ilmu Pengetahuan.  Karena pepatah mengatakan dengan ilmu hidup menjadi mudah, dengan agama hidup menjadi berkah, dengan iman hidup menjadi terarah, dan dengan seni hidup menjadi indah.
Untuk membentuk sebuah organisasi yang baru, OSIS di harapkan mampu mengemukakan pendapat dimana pendapat tersebut kemudian disampaikan kepada pembina OSIS. Dalam menjalankan tugasnya osis sma n 3 takengon menggunakan sarana bantuan dari sepeda motor (Honda) agar tugas dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, dan lancar. Honda juga sudah menjadi kebutuhan pokok di setiap kalangan manusia baik muda maupun dewasa, karenanya Honda sangat bermanfaat dan membawa dampak positif bagi masyarakat.
Honda adalah sarana Transportasi yang hemat, mudah, hebat, tangguh, dan cocok di setiap medan karena meskipun Honda berada pada medan yang berliku-liku, licin, diatas ketinggian, dan jalan berlubang, tetapi Honda dapat tetap berjalan dengan baik dan sempurna. Pada saat kita mengendarai Honda kita semakin tertantang untuk mengemudikannya karena Honda memiliki bentuk yang ramping sehingga pada saat Honda berjalan semakin lincah, gesit, irit, dan kencang.
1.2.        Rumusan Masalah
*  Apa Pengertian, Tujuan,Program kegiatan, dan kegiatan dari Osis tersebut?
*  Apa dampak baik dari OSIS terhadap siwa-siswi dan sekolah ?
*  Apa dampak baik Honda dalam menjalankan tugas Osis ?
*  Organisasi apa yang telah di bentuk OSIS di Sekolah ?
*  Upaya apa yang OSIS lakukan dalam membina Organisasi yang baru ?
1.3.        Tujuan
*  Sebagai tempat penyaluran bakat dan kreativitas siswa-siswi
*  Untuk membantu sekolah membina siswa-siswi dari kenakalan remaja, bahaya narkoba, geng motor, tawuran dan tindakan yang tidak terpuji lainnya
*  Untuk  memenuhi  persyaratan Lomba AHMBS ( Astra Honda Motor Best Student )
*  Untuk membina Organisasi – Organisasi baru yang ada di sekolah

















BAB II
PEMBAHASAN

2.1.        Pengertian OSIS

Organisasi adalah suatu hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan kita karena manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan pertolongan orang lain. melalui organisasi, kita dapat bersosialisasi dengan orang lain.
di zaman sekarang ini, khususnya para pelajar perlu mengetahui dan mengenal organisasi, karena selain akan membentuk sikap seorang pemimpin organisasi juga dapat merubah karakter seseorang (Studybanding antar sekolah), sehingga dengan mengikuti sebuah organisasi sikap kita akan berubah kearah yang lebih baik. Serta dapat berprestasi di dalam maupun di luar sekolah, apabila generasi muda bisa meraih prestasi maka generasi muda akan dapat peduli kepada sesama yang sedang tertimpa musibah atau pun bencana.
Oleh sebab itu, kita sebagai pelajar sudah dikenalkan secara luas dan menyeluruh sebuah organisasi yang ada didalam sekolah. Organisasi di dalam sekolah sangatlah banyak, seperti   :  Rohis, Pramuka, Paskibraka, PKS, dan PMR , tetapi organisasi yang lebih inti di dalam sekolah dan menjalankan roda sekolah adalah Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang lebih dikenal dengan nama OSIS.
OSIS adalah salah satu organisasi kesiswaan yang berada di lingkungan sekolah, dan membantu menjalankan program sekolah serta sebagai suri tauladan bagi siswa-siswi yang patut di contoh di dalam organisasi dan merupakan salah satu sistem yang dapat membentuk kerja sama antara kelompok siswa-siswi demi mencapai tujuan bersama. Untuk menunjang peranan pengurus OSIS maka perlu di tumbuhkan sifat-sifat kepemimpinan yang berakhlak mulia. Pada dasarnya setiap kata dari organisasi ini memiliki masing-masing pengertian, yaitu :
a.Organisasi
Organisasi ialah suatu kelompok yang bekerjasama antar satu individu dengan individu lain demi tercapainya tujuan bersama. Organisasi yang di maksud di sini ialah suatu satuan atau kelompok siswa-siswi yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, yaitu mendukung terwujudnya pembinaan kesiswaan.
b.Siswa
Siswa adalah peserta didik yang di didik oleh satuan pendidik ( Guru ) di lingkungan sekolah.
 c.Intra
Intra berarti terletak di dalam. Sehingga suatu organisasi siswa berada di dalam dan di lingkungan sekolah.
 d.Sekolah
Sekolah adalah tempat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar.

2.2.        Tujuan OSIS

Setiap organisasi selalu memiliki tujuan yang ingin dicapai, begitu pula dengan OSIS ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, antara lain :
*  Meningkatkan generasi penerus yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
*  Memahami, menghargai lingkungan hidup dan nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat
*  Membangun landasan kepribadian yang kuat dan menghargai HAM dalam konteks kemajuan budaya bangsa
*  Satu hati untuk bekerjasama meraih prestasi di segala laga atau pertandingan dan saling perduli untuk berbagi kebahagiaan.
*  Membangun, mengembangkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air dalam era globalisasi.
*  Memperdalam sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama secara mandiri, berpikir logis dan demokratis.
*  Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menghargai karya dan budaya Indonesia
*  Meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani memantapkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
*  Membantu membimbing, membina dan menertibkan siswa-siswi di lingkungan sekolah.
*  Mencintai, rukun dan damai, saling kasih sayang antara sesama
*  Sebagai tempat penyaluran bakat dan kreativitas siswa-siswi
*  Untuk membantu sekolah membina siswa-siswi yang berakhlak tidak terpuji.
*  Untuk mengembangkan dan membina Organisasi – Organisasi baru yang ada di sekolah

2.3.        Program Kegiatan OSIS

[     Memelihara Kelestarian dan keindahan lingkungan.
[     Mensukseskan sosialisasi tertib lalu lintas  KANTIBMAS.
[     Memperingati hari-hari besar Agama.
[     Mengadakan dan mengikuti lomba yang bersifat keagamaan.
[     Melaksanakan kemah Bhakti OSIS.
[     Mengikuti Seminar anti Narkoba.
[     Peduli melaksanakan kegiatan amal dan santunan di dalam dan di luar sekolah.
[     Mengaktifkan berbagai kegiatan ekstrakulikuler.
[     Mengadakan Bazar dan Pameran di lingkungan sekolah.
[     Melaksanakan dan mengikuti lomba-lomba olahraga di tingkat kabupaten,provinsi, dan nasional.
[     Melengkapi fasilitas-fasiitas olahraga dan seni.
[     Mengembangkan bakat siswa dalam bidang olahraga dan seni.
[     Mempertahankan permainan-permainan tradisional.
[     Mengadakan HUT SMA N 3 TAKENGON.
[     Membentuk kelompok paduan suara.

2.4.        Kegiatan OSIS

*  Melaksanakan Bakti Sosial bagi siswa baru dan siswa lama.
*  Shalat Berjamaah kegiatan ini bekerja sama antara anggota OSIS dan anggota ROHIS.
*  Melaksanakan Patroli Keamanan Sekolah ( PKS ), kegiatan ini bekerja sama antara anggota PKS dan OSIS
*  Buka Puasa Bersama, kegiatan ini bekerjasama dengan anggota ROHIS.
*  Pesantren Kilat.
*  Memeriksa siswa-siswi yang tidak mematuhi tata tertib sekolah.
*  Melaksanakan kegiatan pramuka di lingkungan sekolah
*  Mengadakan perpisahan siswa-siswi kelas XII dan guru yang pindah/pensiun
*  Menggalang dana sosial untuk kegiatan sosial.
*  Mengadakan perlombaan yang berkaitan dengan Hari Besar Agama Islam.
Ø      Lomba Cerdas Cermat
Ø      Lomba Pidato
Ø      MTQ
Ø      Kaligrafi
Ø      Cerita
Ø      Baca Puisi
Ø      Adzan
*  Memberikan Sumbangan ketika ada Bencana Alam.
*  Mengaktifkan dan memeriksa mading (Majalah Dinding) sekolah setiap hari berupa : “Puisi, Informasi Lomba, Pengumuman-Pengumuman, karya tulis, Loster Ujian/Pelajaran”.

Semua kegiatan tersebut tidak mungkin dapat berjalan dengan sempurna tanpa bantuan dari sarana sepeda motor (Honda) oleh karena itu, Honda dikatakan One Heart (Satu Hati) sebab Honda tidak hanya diperuntukkan bagi organisasi OSIS di sekolah bahkan Honda sangat berperan dikalangan siswa-siswi disekolah bahkan untuk guru disekolah sebagai alat Transportasi yang aman, tangguh, dan irit yang mempermudah perjalanan siswa-siswi serta guru hadir untuk melaksanakan proses Belajar-Mengajar di sekolah.
Honda mampu mengantarkan siswa-siswi dan guru ke tempat yang sangat jauh, meskipun jarak rumah siswa-siswi dan guru tidak dekat dari sekolah tetapi, karena bantuan Honda sehingga siswa-siswi tidak akan terlambat hadir ke sekolah. Oleh karena itu, Honda sangat bermanfaat di kalangan masyarakat di zaman Globalisasi sekarang ini. Bahkan kendaraan Roda dua (Honda) sudah menjadi kebutuhan pokok di tengah-tengah masyarakat saat ini.
Honda adalah sarana Transportasi yang hemat, mudah, hebat, tangguh, dan cocok di setiap medan karena meskipun Honda berada pada medan yang berliku-liku, licin, diatas ketinggian, dan jalan berlubang, tetapi Honda dapat tetap berjalan dengan baik dan sempurna. Pada saat kita mengendarai Honda kita semakin tertantang untuk mengemudikannya karena Honda memiliki bentuk yang ramping sehingga pada saat Honda berjalan semakin lincah, irit, dan kencang.

2.5.        Dampak baik Honda bagi OSIS
Honda berperan dalam membantu melaksanakan tugas-tugas osis Seperti : membawa Osis hadir mengikuti seminar, mencari informasi tentang lomba, membeli peralatan yang dibutuhkan sekolah, hadir ke sekolah tidak dalam keadaan terlambat, dan masih banyak yang lainnya yang begitu berguna sekali. Dengan adanya Honda tugas-tugas tersebut dapat diselesaikan dengan baik, cepat, dan lancar, serta sekolah tidak ketinggalan informasi dari sekolah-sekolah lainnya. Karena itu, Honda dapat membawa dampak Positif baik bagi Osis, siswa-siswi, Guru, dan juga sekolah.

2.6.        Organisasi yang di bentuk OSIS
*  Olahraga.
*  Training Motivasion.
*  Seminar Sosialisasi Tertib Lalu Lintas minimal sekali dalam setahun.

2.7.        Upaya-upaya OSIS dalam membina Organisasi baru
*  Olahraga
    Di dalam bidang olahraga, upaya yang telah dilakukan OSIS di SMA N 3 TAKENGON ialah memberikan pelatihan-pelatihan terhadap atletik-atletik baru yang ada di dalam lingkungan SMA N 3 TAKENGON. Di samping itu, OSIS juga melengkapi Atribut-Atribut olahraga bagi atlet, sehingga dapat mengembangan minat siswa-siswi SMA N 3 TAKENGON untuk berlomba antar sekolah se-kabupaten Aceh Tengah, bahkan di luar kabupaten Aceh Tengah.
    Banyak prestasi yang telah diraih melalui turnamen : Bola Volly, Sepak Bola, lari, Bola Basket, Bulu Tangkis, Softball dan cabang lainnya. Bahkan salah satu murid pernah mengikuti ajang turnamen Bola Volly di luar daerah ( Porda ).
*   Training Motivasi
     Di Sma 3 takengon melalui organisasi OSIS telah melakukan berbagai Training Motivasi berupa penyuluhan tentang tertib lalu lintas , anti narkoba, kesenian, Bimbingan rohani berupa : pengajian, shalat jama’ah, dan  ceramah.       
    Dengan mengadakan Training motivasi setidaknya mengurangi angka kecelakaan, siswa-siswi dapat tertib berlalu lintas dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dalam mengendarai sepeda motor di tingkat pelajar, mengurangi kenakalan remaja pemakaian obat terlarang, serta tawuran antar pelajar.
    Upaya–upaya yang dapat OSIS lakukan ialah mencari pemateri/pemberi informasi yang berkualitas sehingga siswa-siswi mampu untuk mencerna apa dan bagaimana siswa dan siswi yang baik dan tertib di sekolah maupun di luar sekolah.
*   Seminar Sosialisasi Tertib Lalu Lintas
    Seminar ini di sampaikan oleh anggota kepolisian KANTIBMAS kepada Osis Sebagai Narasumber (Kapolres Aceh Tengah) agar hasil sosialisasi yang didapatkan oleh pengurus OSIS, dapat disosialisasikan kembali kepada siswa-siswi SMA N 3 TAKENGON.
    Upaya-upaya yang dapat di lakukan OSIS adalah memberikan pencerahan kepada siswa-siswi tentang bagaimana tertib lalu lintas itu yang sebenarnya, yakni, memakai helm, memiliki sim, STNK, memiliki kaca spion, Lampu samping, mengaktifkan Lampu Utama, dan memeriksa kendaraan sebelum berangkat seperti, rem depan dan rem belakang, serta roda agar terhindar dari kecelakaan.



BAB III
PENUTUP
3.1.        Kesimpulan
Yang dapat diambil menjadi kesimpulan dari karya tulis ini adalah betapa pentingnya sebuah kendaraan untuk menjalankan organisasi yang ada ditengah-tengah siswa-siswi didik, sama seperti halnya organisasi OSIS yang dapat  memberikan pencerahan kepada siswa-siswi tentang bagaimana tertib lalu lintas itu yang sebenarnya, yakni, memakai helm, memiliki sim, STNK, memiliki kaca spion, Lampu samping, mengaktifkan Lampu Utama, dan memeriksa kendaraan sebelum berangkat seperti, rem depan dan rem belakang, serta roda agar terhindar dari kecelakaan. Disamping itu pula Organisasi OSIS ini bertujuan guna Satu hati untuk bekerjasama meraih prestasi di segala laga atau pertandingan dan saling perduli untuk berbagi kebahagiaan. Begitu pula dengan organisasi yang baru seperti AHMBS ( Astra Honda Motor Best Student ) dapat perlu kiranya masuk menjadi sebuah tujuan SUB organisasi OSIS yang dapat mencerdaskan siswa-siswi didik melalui program Lomba Karya Tulis ini karena, khususnya para pelajar perlu mengetahui dan mengenal organisasi, selain akan membentuk sikap seorang pemimpin, organisasi juga dapat merubah karakter seseorang, sehingga dengan mengikuti sebuah organisasi sikap kita akan berubah kearah yang lebih baik. Serta dapat berprestasi di dalam maupun di luar sekolah, apabila generasi muda bisa meraih prestasi maka generasi muda akan dapat peduli kepada sesama yang sedang tertimpa musibah atau pun bencana. Dimana untuk menjalankan tugas-tugas tersebut osis sma n 3 takengon menggunakan sarana bantuan dari sepeda motor (Honda) agar tugas dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, dan lancar. Tidak  hanya untuk organisasi OSIS di sekolah saja bahkan Honda sangat berperan dikalangan siswa-siswi disekolah bahkan untuk guru disekolah sebagai kendaraan yang aman, tangguh, dan irit yang mempermudah perjalanan siswa-siswi serta guru hadir untuk melaksanakan proses Belajar-Mengajar di sekolah. Honda mampu mengantarkan siswa-siswi dan guru ke tempat yang sangat jauh, meskipun jarak rumah siswa-siswi dan guru jauh dari sekolah tetapi, karena bantuan Honda sehingga siswa-siswi tidak akan terlambat hadir ke sekolah. Oleh karena itu, Honda sangat bermanfaat di kalangan masyarakat di zaman Globalisasi sekarang ini. Bahkan kendaraan Roda dua (Honda) sudah menjadi kebutuhan pokok di tengah-tengah masyarakat saat ini. Honda juga adalah sarana Transportasi yang hemat, mudah, hebat, tangguh, dan cocok di setiap medan karena meskipun Honda berada pada medan yang berliku-liku, licin, diatas ketinggian, dan jalan berlubang, tetapi Honda dapat tetap berjalan dengan baik dan sempurna. Pada saat kita mengendarai Honda kita semakin tertantang untuk mengemudikannya karena Honda memiliki bentuk yang ramping sehingga pada saat Honda berjalan semakin lincah, irit, dan kencang.
3.2.        Saran
Tentunya Karya Tulis  ini masih banyak kekurangan dan kelemahannya, baik dalam isi maupun sistematikanya. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan wawasan dari penulis. Oleh sebab itu, penulis sangat mengharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakan karya tulis ini.














DAFTAR PUSTAKA

Ali, Muhammad. 1982. Tuntunan Akhlak. Jakarta: Bulan Bintang
Hamid Hasan, Said dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional
Pardjimin. 2005. Bahasa dan Sastra Indonesia. Bogor: Yudhistira
Parera, Jos Daniel. 1991. Belajar Mengemukakan Pendapat. Jakarta: Erlangga
Saptono. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan IX. Jakarta: Phibeta
Sharan, Shlomo. 2012. The Handbook of Cooperative Learning (Inovasi dan Pembelajaran untuk memacu siswa di kelas). Jogjakarta: Group Relasi Inti Media
Soeharsono, Hartono, Johanes. 2006. Softball. Jakarta: Sastia Hidaya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengujian Hipotesis

Rancangan Acak Lengkap (RAL)

Rancangan Acak Kelompok (RAK)