Teknologi Informasi

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi


Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangat mempermudah kehidupan manusia. Apabila menggunakan alat teknologi informasi dan komunikasi, antara dua benua akan terasa tidak berjarak atau sangat dekat. Dengan kehadiran komputer, internet, telepon seluler, serta berbagai alat teknologi informasi dan komunikasi membuat arus informasi semakin lancar. Namun apa sebetulnya pengertian dari TIK itu sendiri?

Pengertian TIK

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memuat seluruh teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini sendiri meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, serta penyajian informasi. Jadi, TIK itu merupakan teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, serta penyajian informasi.
Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi & komunikasi tersusun dari 3 kata yang masing-masing memiliki artinya tersendiri. Kata pertama, yaitu teknologi yang berarti pengembangan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang dapat menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sendiri sering menggambarkan suatu penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip serta proses penemuan saintifik.
Selanjutnya Kata kedua dan ketiga, yaitu informasi & komunikasi, erat kaitannya dengan data.Informasi yang berarti hasil pemrosesan, manipulasi Serta pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi merupakan suatu proses dalam penyampaian informasi (pesan, ide, serta gagasan) dari satu pihak kepada pihak yang lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di antara keduanya. Maka dapat disumpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi itu merupakan hasil dari rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi & proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak yang lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, serta lebih lama penyimpanannya.

Contoh Dari Penggunaan TIK

Adapun contoh dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, yaitu :
  • Dengan Televisi manusia dapat melihat peristiwa yang terjadi ditempat lain.

  • Dengan Telephone manusia dapat berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh.

  • Dengan Komputer manusia dapat menyimpan serta memperoleh data sebagai informasi.

  • Dengan Internet manusia dapat berkomunikasi dengan melihat wajah (teleconference).


Sumber by  :
1.      Internet

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengujian Hipotesis

Rancangan Acak Lengkap (RAL)

Rancangan Acak Kelompok (RAK)