Jaringan Komputer dan Internet

Jaringan Komputer dan Internet
A.          Jaringan Komputer
Jaringan komputer dapat di buat sesuai kebutuhan dengan beraneka ragam bentuk dan ukuran. Secara fisik, jaringan komputer dapat di bedakan menjadi dua, yaitu : jaringan dengan kabel dan jaringan tanpa kabel, masing-masing di hubungkan dengan kabel terhadap komputer yang lain. Sedangkan pada jaringan tanpa kabel, masing-masing komputer terhubung melalui gelombang radio. Jaringan tanpa kabel memungkinkan komputer mengakses data dari komputer lain harus berada di tempat tertentu. Maka dilihat dari cakupan areanya, jaringan komputer di bedakan menjadi 3 bagian , yaitu sebagai berikut :
1.             Local Area Network (LAN) :

 


Jaringan LAN adalah jaringan yang terdapat di sebuah tempat tertentu, misalnya gedung kantor, gedung sekolah,dan lain-lain. Sistem jaringan ini di buat untuk menghemat biaya dan saling berbagi sumber daya.

2.             Metropolitan Area Network (MAN) :
 


Metropolitan Area Network atau MAN, merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari jenis jaringan komputer lan. Disebut Metropolitan Area Network karena jenis jaringan komputer MAN ini biasa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Contohnya seperti jaringan depdiknas antar kota atau wilayah dan juga jaringan mall-mall modern yang saling berhubungan antar kota.

3.             Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network atau WAN, merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari pada jenis jaringan komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan satu negara dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai jenis jaringan komputer LAN dan MAN karena luasnya wilayah cakupan dari jenis jaringan komputer WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.
B.          Internet

Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.  Internet merupakan sebuah jaringan (Internet Protokol) yang terdiri dari beberapa komputer yang sudah terkoneksi ke dalam jaringan global.
Sejarah internet bermula pada akhir decade 60-an saat Departement Pertahanan AS atau United States Departement of  Defence (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi internet working. Standar yang diperlukan yaitu standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di Universitas. Tahun 1969 Advance Research Project Agency (ARPA) dibentuk tugasnya melakukan penelitian jaringan komputer mempergunakan teknologi packet switching. Jaringan pertama dibangun menghubungkan empat tempat, yaitu standford Research Institute (SRI), University of California at SantaBarbara (USCB), University of California at Los Angeles (UCLA), dan University of Utah (Utah). Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghubungkanlebih dari 20 Host dan disebut sebagai ARPANet.
 ARPANet kemudian menjadi backboneInternetworking Institute pendidikan, penelitian, industri dan kontraktor terutama yang berkaitan dengan jaringan militer (MILNet). Tahun 1986 ARPANet mulai dikomersialkan dengan mengisolasikan jaringan militer. National Science Foundation. (NFS) kemudian membiayai pembongkaran backbone ARPANet menjadi backbone internet komersial dan dikelola oleh Advanced Network Service (ANS). Andrew S. Tenenbaum (1996) andil besar dalam perwujudan internet adalah tergabungnya jaringan regional seperti SPAN (jaringan fisika energi tinggi), BITNET (jaringan mainframe IBM), EARN (jaringan akademis Eropa dan digunakan pula di Eropa timur) dan ditambah dengan sejumlah link transaltlantik yang beroperasi pada 64 Kbps-2Mbps pada tahun 1988
a.              Manfaat internet
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet . Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet :
1.    Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,sosial.

2.        Informasi untuk kehidupan profesional atau pekerja yakni yang mencakup : sains, teknologi, perdagangan,saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangatdemokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpamengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

Sumber by : 
4.             Internet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengujian Hipotesis

Rancangan Acak Lengkap (RAL)

Rancangan Acak Kelompok (RAK)